Mesin Pencari "HALAL"

Posted on 16.52 | By Admin | In


BEIRUT--Umat Islam di seluruh dunia mendapat fasilitas baru untuk lebih nyaman berselancar di internet. Mesin pencari di dunia maya, atau kerap disebut search engine, bernapaskan Islam pertama di dunia, kemarin diluncurkan di Beirut, Lebanon. Mesin itu bernama ImHalal.com yang merupakan metamorfosis dari ungkapan 'I am halal' (saya halal).

ImHalal
bekerja dengan menyaring material di internet yang haram untuk dilihat. Hanya materi yang aman dan sesuai ajaran Islam yang bisa muncul saat pencarian dijalankan dengan perangkat lunak tersebut.
Reza Sardeha, pendiri AZS Media Group yang menciptakan mesin pencari tersebut mengungkapkan bahwa ide untuk melahirkan ImHalal lahir setelah rekannya protes dengan kinerja mesin pencari yang kini ada seperti Google dan Yahoo. Menurut Reza, rekannya itu mengungkapkan bahwa mesin pencari di internet masih menampilkan materi pornografi yang tidak sesuai ajaran Islam.

Mesin pencari ImHalal, tutur dia, bekerja dengan memblokir situs-situs bermuatan 'terlarang'. Selain itu, ImHalal juga memblokir kata-kata yang terkait dengan benda haram seperti babi, bir, narkoba, juga kata-kata yang terkait dengan perilaku haram seperti gay, lesbian, bunuh diri, seksi, dan sebagainya.

Saat ini, menurut Reza, mesin pencari ImHalal hadir dengan 15 bahasa yang berbeda termasuk Inggris, Persia, Arab, dan sebagainya. Lewat fasilitas tersebut, dia berharap perangkat lunak buatannya bisa membantu umat Islam secara luas untuk nyaman berselancar di internet. ''Perusahaan kami memprediksi, pengakses terbesar berasal dari Timur Tengah,'' ujar dia.

Dia menambahkan bahwa mesin pencari tersebut bisa menjadi alternatif bagi masyarakat yang khawatir dengan material yang tersebar di internet. ''Selama ini kami yakin bahwa tidak sedikit umat Islam yang menghindari internet, dan meminta anak-anak untuk menjauhinya karena takut dengan isi di dalamnya,'' kata Reza menambahkan. Padahal, dia sangat yakin, jika dimanfaatkan dengan baik, internet bakal membantu kemajuan umat Islam.

Seorang warga Beirut, Ali Gebran, mengaku bahwa karakter mesin pencari bisa mempengaruhi keputusannya dalam mengakses internet. Lahirnya ImHalal pun dinilainya sangat fantastis. Dengan adanya mesin pencari tersebut, dia menyatakan tidak khawatir lagi membiarkan anaknya berselancar di dunia maya.

Rencananya, mesin pencari tersebut juga akan dilengkapi dengan jadwal waktu shalat serta kutipan-kutipan ayat Alquran. Produsen ImHalal berharap, mesin pencari buatannya itu bisa cepat berkembang menyaingi Yahoo maupun Google. The Daily Star/irf

Comments (0)

Posting Komentar