8 Langkah Hidup Bahagia Tanpa Uang

Posted on 08.50 | By Admin | In , ,



Kebahagiaan adalah sesuatu yang tidak dapat dibeli dan sesuatu yang tidak boleh diambil untungnya saja. Kebahagiaan sejati kadang tidak sebanding dengan mobil bagus, perhiasan, atau benda materi lainnya yang bisa membuat bahagia. Namun kebahagiaan sejati butuh usaha dan kerja keras untuk mendapatkannya.

Setidaknya ada 8 cara yang ditawarkan sejumlah pakar sebagaimana dilansir laman Fitsugar.com, 8 Desember 2011 lalu, agar bisa menjadi orang yang lebih bahagia.

1. Berhenti menjadi materialistis
Jika Anda menemukan kebahagiaan dalam suatu benda, maka kebahagiaan itu akan berumur pendek. Karena apa yang Anda miliki tidak akan pernah cukup, benda akan selalu hilang atau rusak. Karenanya, menginginkan apa yang tidak kita punyai akan menimbulkan ketidakbahagiaan. Jadi, Anda harus bisa mensyukuri apa yang kita miliki sekarang.

2. Tidak terobsesi dengan gelar
Sama halnya dengan materi, gelar bisa hilang. Jika Anda selalu mendefinisikan diri Anda dengan pekerjaan atau posisi yang Anda bawa, seperti dokter atau seorang ibu, maka Anda bisa saja merasa sedih jika gelar atau posisi itu diambil. Anda hanya perlu menemukan kebahagiaan dari diri sendiri dan bahagia menjadi diri sendiri.

3. Singkirkan kekacauan
Terlalu banyak kekacauan di dalam rumah, seperti terlalu banyak barang yang tidak terorganisasi baik, bisa menimbulkan tekanan batin dan stres. Ambil langkah segera untuk membereskan semua kekacauan di dalam rumah itu dengan cara membuang yang sudah tidak terpakai, mendonasikannya, atau menjualnya.

4. Meditasi
Meditasi adalah perangkat yang sangat berguna. Kenyataannya, para ilmuwan telah menemukan bahwa orang yang terlatih dalam bermeditasi mempunyai aktivitas otak yang berbeda dibandingkan dengan mereka yang belum pernah. Mereka merespons dengan baik situasi yang terkadang membuat orang suka kehilangan kontrol emosi.

5. Jadwal yang terstruktur
Sama halnya dengan kehidupan yang teratur, Anda juga harus memastikan kalau jadwal-jadwal kegiatan Anda teratur dengan baik. Makan pada jam-jam tertentu dan berusaha untuk memiliki jadwal tidur yang teratur. Ketidakteraturan akan mengganggu ketenangan dalam diri.

6. Kelilingi diri Anda dengan hal positif
Faktor terbesar dari kebahagiaan adalah berada di antara orang-orang yang berpikir positif. Orang yang gemar memberi pengaruh negatif bisa mempengaruhi minat Anda. Jadi, pastikan berhati-hari dengan mereka.

7. Fokus pada kebaikan
Setiap hidup Anda, dari mulai kebiasaan makan sampai tidur yang rutin, Anda harus bekerja di setiap aspek dalam hidup. Anda hanya bisa meraih kebahagiaan sejati saat semua bagian dalam hidup Anda terhubung dengan baik.

8. Tulis daftar syukur
Menulis daftar hal-hal yang Anda syukuri bisa memperbarui penghargaan terhadap apa yang pernah Anda ambil. Menulis daftar-daftar syukur akan membuat Anda lebih fokus pada hal-hal positif, bukan negatif.






sumber: http://www.tempo.co/read/news/2011/12/10/205370943/8-Langkah-Hidup-Bahagia-Tanpa-Uang

Comments (0)

Posting Komentar