Peninggalan Yunani Kuno Ditemukan di Jalur Gaza

Posted on 10.01 | By Admin | In


Kota Gaza - Sejumlah barang peninggalan sejarah Yunani kuno ditemukan di bagian selatan Jalur Gaza, kata seorang pejabat HAMAS di Kota Gaza, Senin.


"Semua potongan ini meliputi bagian barang tembikar, batu basal hitam dan satu potongan yang bergambar Salib Merah, selain temuan beberapa bagian tembok dan tapak serta sangat banyak koin kuno," kata Asa`ad Ashour, direktur pelestarian di kementerian pariwisata dan barang antik di pemerintah terguling HAMAS seperti dikutip dari kantor berita Xinhua.

Kementerian tersebut telah menguasai lokasi reruntuhan kuno itu di kota kecil perbatasan Rafah setelah ada temuan secara tak sengaja.

Kementerian tersebut juga melancarkan proyek untuk menggali dan mendokumenkan tapak Arkeologi "Tel Zo`rob", ketika kementerian itu menemukan bagian bawah bangunan yang berbentuk panjang di bawah tanah yang berakhir di batu besar.

"Tapak tersebut ditemukan oleh beberapa pekerja secara tak sengaja, jadi kami datang dan mengambilalihnya karena itu dipandang sebagai tapak peninggalan kuno," kata Ashour.

Ditambahkannya, "Kementerian masih harus melakukan banyak penelitian dan pekerjaan berat."

"Itu seperti jalan sempit yang berada di bawah tanah yang dibangun dalam satu bentuk tangga menurun, pada ujung jalur ini adalah garis perbatasan dengan Mesir dan kami menemukan beberapa surat kuno di batu," tambahnya.

Sebanyak 1.500 koin kuno dari era Yunani telah ditemukan di tapak tersebut. Semua koin berada di satu pot tanah yang ditanam sejak masa itu.(*)

Sumber: http://www.antaranews.com

Comments (0)

Posting Komentar