Makanan yang Wajib Dikonsumsi Setelah Olahraga

Posted on 19.20 | By Admin | In , ,

www.blogbelajarpintar.blogspot.com
SETELAH berolahraga, tubuh terasa lebih segar dan bugar. Namun energi dan keringat yang terbuang selama berolahraga dapat membahayakan kinerja otot. Terlebih jika tidak segera diisi ulang dengan makanan dan minuman yang mengandung protein dan karbohidrat.

Dalam waktu sekurang-kurangnya 30 menit setelah berolahraga, energi tubuh harus terpenuhi kembali dengan mencukupi asupan protein dan karbohidrat. Keduanya amat penting bagi tubuh, karena protein membantu memasok tenaga dalam otot dan karbohidrat menggantikan stok glycogen yang terbuang. Perbandingan ideal karbohidrat dan protein yang harus dikonsumsi setelah berolahraga ialah 4:1.

Saat berolahraga, tubuh mengeluarkan cairan berupa keringat. Namun bukan hanya cairan saja yang harus kembali diisi setelah berolahraga. Ada juga electrolyte, seperti sodium, potassium, kalsium dan magnesium yang ikut terbuang.

Agar tubuh tidak mengalami dehidrasi atau masalah pada otot, segera konsumsi makanan kaya nutrisi 30 menit setelah berolahraga. Anda dapat memilih sereal gandum utuh dengan susu rendah lemak, roti gandum dengan selai kacang, smoothie dari campuran yogurt rendah lemak dan buah-buahan, atau susu cokelat rendah lemak. Pilihan makanan dan minuman ini juga pas dijadikan sebagai menu sarapan setelah berolahraga di pagi hari.

Seperti ditulis Self Mag, bagi Anda yang senang berolahraga di sore hari disarankan untuk menyantap ikan-ikanan, sayuran dan beras merah. Segenggam kacang atau buah-buahan kering seperti kismis juga cukup menggantikan asupan karbohidrat yang terbuang.

Untuk menggantikan cairan tubuh dan terhindar dari dehidrasi, minumlah air putih sebelum, selama berolahraga dan sesudahnya. Selain air putih, Anda juga dapat menyeruput minuman yang mengandung electrolyte setelah berolahrada. Di antaranya air kelapa atau susu rendah lemak.







sumber: http://tuanmuda.us/showthread.php?tid=10542

Comments (0)

Posting Komentar